Thursday, November 2, 2017

Persiapan Sebelum Mengikuti Lomba Lari


Event POGIRun - Run For Women Health Care sudah semakin dekat. Bagaimana dengan persiapan Anda mengikuti lomba ini? Sebetulnya, lari jarak pendek sekali pun juga memerlukan persiapan. Apalagi jika kita memiliki tujuan dan target tertentu dalam berlomba. Nah, sebetulnya apa saja sih yang perlu dipersiapkan menjelang perlombaan? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Tetapkan tujuan
Rencanakan persiapan sesuai dengan tujuan dalam berlomba. Tanyakan dulu kepada diri Anda apa yang ingin didapatkan dalam mengikuti lomba lari? Target waktukah? Tubuh yang bugar? Atau hanya sekedar ingin bersenang-senang dengan keluarga atau kerabat? Setelah itu buatlah persiapan yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan yang ingin dicapai tadi.

2. Berlatih dengan konsisten
Apapun tujuan Anda dalam mengikuti lomba lari, sebaiknya tetap luangkan waktu untuk berlatih terlebih dahulu. Ini penting untuk membangun stamina Anda. Jangan lupa niatkan diri untuk konsisten menjalankannya agar hasil yang didapat lebih maksimal.

3. Jaga asupan makanan dan minuman
Salah satu faktor yang ikut berperan dalam menjaga stamina menjelang perlombaan adalah dengan memperhatikan gizi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Upayakan agar tubuh Anda mendapatkan asupan gizi seimbang antara protein, karbohidrat, buah-buahan serta sayuran. Selain itu perhatikan juga kebutuhan cairan tubuh Anda.

4. Persiapkan gear
Bila perlu, persiapkan gear yang dapat mendukung performa Anda saat berlomba. Seperti sepatu dan baju yang nyaman, belt, armband, botol minuman, topi, kacamata, atau gear apa saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Istirahatlah yang cukup
Setelah rutin latihan menjelang hari perlombaan, istirahatkan tubuh Anda. Kosongkan jadwal latihan setidaknya 2-3 hari menjelang perlombaan, dan cukupkan tidur agar tubuh terasa bugar dan tidak capek saat akan mengikuti lomba.



(Image from Pexels)

No comments:

Post a Comment